Minggu, 18 April 2010

Robot adalah peranti elektromekanik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan manusia. Adapun robotika adalah studi yang berhubungan dengan pembuatan robot. Robot banyak digunakan dalam dunia industri; misalnya untuk melakukan penyelesaian atau bahkan merakit mobil.
Dengan sentuhan AI (Artificial Intelligence), robot dapat dibuat menjadi cerdas, sehingga bisa melakukan pengambilan keputusan seperti halnya manusia. Robot seperti ini biasanya dilengkapi dengan kamera yang bertindak sebagai sensor mata. Salah satu contoh robot seperti ini yaitu RoboCup (http://www.robocup.org). Robot ini mampu bermain sepakbola. Pada tahun 2050 ditargetkan akan tercipta tim robot yang dapat mengalahkan tim sepakbola manusia yang menjadi juara dunia.

Beberapan contoh robot yang lain:
  • Scrubmate adalah robot yang dapat membersihkan kamar mandi. Robot ini dilengkapi dengan kontrol terkomputerisasi, memiliki sensor mata ultrasonik dan dilengkapi dengan peralatan pembersih. Diciptakan oleh Joe Engleberger.
  • Sojourner adalah kendaraan robot beroda enam yang digunakan NASA pada tahun 1997 dalam eksplorasi di Planet Mars. Robot yang dilengkapi dengan mata laser ini dapat mengambil sampel Atmosfir dan tanah dan mengirimkan data dan foto ke bumi.
  • SICO adalah robot yang dikenal sebagai "The Robot Therapist" ini digunakan pada sebuah rumah sakit di New York, yang dapat membantu anak-anak yang memiliki masalah-masalah emosi. Diciptakan oleh Robert Doornick.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: